POSTED ON 19 Feb 2016

31 1

10 Pemenang Grammy Termuda


Bagi para pelaku industri musik, mendapatkan sebuah piala grammy merupakan sebuah pencapaian yang luar biasa. Grammy awards merupakan ajang penghargaan tahunan yang diadakan setiap tahun bagi para pelaku industri musik dunia. Pada perhelatan grammy tahun ini, kita sebagai bangsa Indonesia merasa sangat spesial karena untuk pertama kalinya ada warga negara kita yang masuk dalam kategori ajang penghargaan bergengsi ini. Tak tanggung-tanggung, pianis muda berbakat, Joey Alexander masuk kedalam dua kategori grammy yaitu Best Improvised Jazz Solo dan Best Jazz Instrumental Album. Joey juga menjadi musisi muda termuda dalam sejarah grammy award untuk kategori yang ia dapatkan.

Sebelum Joey Alexander yang terkenal karena menjadi musisi jazz termuda dalam ajang grammy, sudah ada beberapa musisi ternama lainnya yang menorehkan namanya dalam jajaran pemenang grammy termuda. Siapa saja mereka? 

 

1. The Peasall Sisters

Trio vokal yang terdiri dari Leah, Sarah, dan Hanna Peasall ini menjadi terkenal karena mendapatkan penghargaan grammy untuk kategori Album of The Year pada tahun 2002. Pada saat mendapatkan grammy, peasall bersaudara ini masih berusia 7, 9 dan 13 tahun.

 

2. LeAnn Rimes

Perempuan cantik bersuara emas ini mendapatkan penghargaan grammy dalam kategori Best New Artist dan Best Female Country Vocal Performance dari album musik country nya yang berjudul Blue. Usia Rimes saat mendapatkan grammy yaitu 14 tahun.

 

3. Luis Miguel

Lewat lagu “Me Gustas Tal Como Eres”, Luis Miguel mendapatkan grammy saat berusia 14 tahun untuk kategori Best Mexican/ Mexican-American Album dan kini ia menjadi salah satu penyanyi Amerika Latin yang sangat terkenal karena keindahan suaranya.

 

4. Lorde

Penyanyi yang kini menjadi trendsetter karena dandanan rambutnya yang unik ini mendapatkan grammy untuk kategori Best Pop Solo Performance dan Song of The Year. Saat mendapatkan penghargaan grammy pada tahun 2014, Lorde sedang berusia 17 tahun.

 

5. Monica

Monica menjadi salah satu pemenang grammy termuda untuk kategori Best R&B Performance by a Duo or Group pada tahun 1999 saat dia berusia 18 tahun. Setahun sebelumnya, Monica bersama teman duetnya menjadi penyanyi R&B muda berbakat yang terkenal melalui albumnya The Boy is Mine.

 

6. Christina Aguilera

Penyanyi cantik yang terkenal melalui singel “Genie in a Bottle” ini mendapatkan grammy untuk kategori Best New Artist dan Best Female Pop Vocal Performance pada tahun 2000. Saat mendapatkan penghargaan tersebut, Aguilera masih berusia 19 tahun.

 

7. Alison Krauss

Karir Krauss dalam pemenang grammy termuda bisa dilihat dari awal mula memasuki industri musik saat dia berusia 10 tahun. Sebagai penyanyi sekaligus penulis lagu, Krauss mendapatkan grammy untuk kategori Best Bluegrass Recording saat berusia 19 tahun.

 

8. Joss Stone

Sebagai penyanyi sekaligus penulis lagu muda berbakat, nama Joss Stone tercatat sebagai pemenang kategori Best R&B Performance by a Duo or Group pada tahun 2007, saat dia berusia 19 tahun.

 

9. Beyonce

Pentolan girl group Destiny’s Child ini mendapatkan grammy untuk kategori Best R&B Song dan Best R&B Performance by a Duo or Group pada tahun 2001. Beyonce menjadi salah satu pemenang termuda dalam sejarah grammy karena saat itu dia berusia 19 tahun.

 

10. Rihanna

Lewat single Umbrella yang sangat hits, Rihanna menjadi salah satu pemenang grammy termuda untuk kategori Best Rap/Sung Collaboration pada tahun 2008 saat dia masih berusia 19 tahun.

 

Gambar: www.abcnews.go.com


Tags :

Share on :